FLAG FOOTBALL

apa itu Flag Football? 2-3 tahun belakangan ini, ada Olahraga baru yg sedang booming di kalangan anak usia 16 – 25 tahun di Indonesia. Olahraga itu adalah, Flag FootballApa sih Flag Football itu?? Flag Football adalah olahraga serapan dari Olahraga terkenal Amerika, American Football.

Yang di maksud serapan disini adalah, sama seperti Olahraga Futsal, yg merupakan Olahraga serapan dari Olahraga Sepak bola. Ya, setidaknya seperti itulah pengertian umum dari Olahraga Flag Football itu sendiri.


Apa yg membuatnya berbeda dari American Football? Jika kalian lihat pada American Football, menggunakan Helmet, Body protector dll sebagai “pakaian dan syarat lengkapnya”, pada Flag Football, tidak perlu menggunakan hal tersebut.

Kegunaan kenapa di American Football setiap pemain harus menggunakan helmet, body protector dsb adalah, karena pemain defense harus menghentikan permainan pemain Offense untuk mencetak skor dengan cara melakukan Tackle; menjatuhkan pemain (disebut Down), agar play berhenti. Tetapi, di Flag Football, pemain Defense hanya perlu menarik salah satu dari tiga (3) Flag, yang tergantung pada belt yg dipakai setiap pemain Offense, untuk menghentikan permainan. Oleh sebab itu, olahraga ini dinamakan Flag Football.



Maksimal kuota per jurusan

Perjurusan maksimal 2 tim, 1 tim berisikan 25 orang

Fee Regist

Biaya registrasi sebesar 350.000 per tim

 


Waktu registrasi

Sampai tanggal 4 maret 2019

 


Cabang lomba yang dilombakan

Flag Football Putra

 


Sistem perlombaan


Peraturan lomba

A.  Ketentuan lomba secara umum

1.  Peraturan lomba flagfootball yang digunakan pada olimpiade politeknik 2017 mengacu pada peraturan yang telah di tetapkan oleh IFFA (indoneisa flagfootball association)

2. Setiap jurusan maksimal mengirimkan 2 team

3. Setiap team terdiri dari min 6 pemain, maksimal 25 pemain.

4.   Setiap team wajib melengkapi formulir yang telah disediakan di jurusan masing-masing, dan di kumpulkan bersamaan uang pendaftaran.


 

B. Sistem pertandingan

1.   Pertandingan dimainkan antara 2 tim.

2.   Pertandingan dipandu oleh 4 official (masing masing team mengirimkan 2 perwakilan), dimana satu diantaranya adalah time keeper. Pertandingan boleh dipandu kurang dari 4 official dengan persetujuan dari kedua team captains.

3.   Pemain yang berada di lapangan dari masing-masing tim berjumlah minimal 6 orang dan maksimal 8 orang, dengan minimum 3 offensive lineman.

4.   Apabila  pada  saat  kick  off  salah  satu  tim  tidak  dapat  menghadirkan  6  pemain  maka pertandingan ditetapkan berakhir dengan WO dengan nilai 28 - 0.

5.   Tim boleh memiliki pembagian tim (offense, defense, dan special team) atau tidak (play all roles team).

6.   Waktu untuk substitusi adalah sejak dead ball hingga break huddle. Pemain yang digantikan harus meninggalkan lapangan ke daerah bench timnya sendiri.

7.   Selama pergantian pemain tidak ada penghentian play calling time.

8.   Tidak boleh lebih dari 8 orang setelah break huddle.

9.   Masing-masing tim memilih team captain(s) yang bertugas membuat keputusan tim dan merupakan satu-satunya pemain yang berkomunikasi dengan official.

10. Baik pada specialized team maupun play all roles team boleh memiliki captain offense dan defense yang berbeda.

11. Team captain(s) harus diberitahukan pada official sebelum pertandingan dimulai dan tidak boleh berganti hingga akhir pertandingan kecuali captain tidak ada di lapangan karena cedera  atau  digantikan  pemain  lain.  Apabila  hal  ini  terpaksa  dilakukan  pemberitahuan dilakukan sebelum ball spotting.

12. Pemain selain captain TIDAK BOLEH mempertanyakan keputusan official.

13. Pemain yang tidak tercantum dalam roster terakhir yang dikumpulkan tidak diperbolehkan bermain, bagi tim yang memiliki pemain tambahan (baru) pemain tersebut dapat bermain jika sudah didaftarkan.

 

C. Sistem Waktu  Pertandingan

1.   Waktu pertandingan adalah 2 x 20 menit.

2.   Waktu pertandingan setiap babak dimulai setelah bola kickoff tertangkap oleh team lawan.

Apabila bola kickoff ; Drop, Touchback, Out of bounds, maka waktu di mulai setelah wasit meletakan bola di LOS dan menyatakan game siap dimulai. Pada 1menit terakhir di babak pertama dan 2 menit terakhir di babak kedua dengan waktu bersih maka waktu akan di mulai setelah snap.

3.   Huddle clock (Play Clock) : 30 second

4.   WAKTU KOTOR  di kedua babak hanya berhenti (mati) oleh OFFICIAL TIMEOUT saja:

a. Babak1: Waktu kotor di 18menit pertama, 2menit terakhir waktu bersih (2min warning).

b.Babak2: Waktu kotor di 18menit pertama, 2menit terakhir waktu bersih (2min warning).

5.   Pada saat 2 min warning, Referee meniup pluit, menghentikan waktu dan memberikan break selama 30 detik sebelum memulai play berikutnya.

6.   TEAM TIME OUT boleh diminta oleh semua pemain yang terlibat dalam play sebelumnya dan berada dalam lapangan. Timeout tim berlangsung selama 30 detik. Setiap tim dapat melakukan 2 kali time out setiap half.


D. Peraturan Pemain

Pada saat pertandingan, pemain harus mengenakan:

1.   Jersey/Pakaian yang sewarna dengan pakaian yang dikenakan rekan satu timnya dan berwarna kontras (dapat dibedakan) dengan pakaian tim lawan.

2.   Pakaian harus dimasukan ke dalam celana agar tidak menutupi flag belt.

3.   Flag belt dengan tiga bendera di (1) sisi kanan, (2) sisi kiri, (3) belakang bagian pinggang pemain. Flag TIDAK boleh ditutupi oleh apapun – flag yang tertutup oleh kaos atau apapun bisa dikenakan penalti 5 yards dari LOS, repeat down (false start penalty pada offense atau offside penalty pada defense).

4.   Sepatu.

5.   Celana olahraga yang tidak memiliki kantung di bagian luar (shorts / training)


E.   Peraturan Pemain (tambahan)

Pada saat pertandingan pemain dianjurkan/diperbolehkan untuk memakai:

1.   Pelindung gigi.

2.   Pelindung (braces/guards/sleeves) dengan bahan yang lunak.

3.   Gloves.

4.   Masuknya pemain dengan perlengkapan yang tidak memenuhi syarat (mis: tdk pakai flag) ke dalam lapangan akan mengakibatkan penalti bagi tim bersangkutan; 5 yard dari LOS, repeat down (false start penalty pada offense atau offside penalty pada defense).


F.   Peraturan selama pertandingan Fouls and Penalties

1.   Keputusan foul hanya dapat dipertanyakan oleh kapten tim yang melakukan foul.

2.   Official yang menyatakan foul harus mengumumkan nomor pemain dan pelanggaran yang dilakukan.

3.   Ada dua jenis penalti dalam football:

4.   DEAD BALL FOUL : penalti yang memberhentikan permainan.

5.   LIVE BALL FOUL : penalti yang tidak memberhentikan permainan. Memiliki option ditolak(decline) atau diterima (accept) keputusan wasit tersebut oleh team lawan.

6.   Apabila terjadi DEAD BALL FOUL (penalti yang memberhentikan permainan), maka referee akan  meniup  peluit,  melempar  bendera  dan  memberhentikan  permainan,  dan  penalti langsung diberlakukan.

7.   Apabila terjadi LIVE BALL FOUL (pelanggaran yang tidak memberhentikan permainan), official melempar bendera ke tanah tapi membiarkan play terus berlangsung (tidak meniup pluit sebelum play tersebut berakhir).

8.   Pada akhir play official melemparkan pilihan pada kapten tim lawan apakah foul tersebut di accept (pemberlakuan penalti) atau decline (menerima  hasil play tersebut). Keputusan pertama yang diambil tidak dapat diubah kembali.

9.   Apabila bola bergerak maju hingga melewati garis pemisah antar zones karena penalti yang dilakukan defense, tim offense mendapatkan 1st down.

10. Apabila kedua tim melakukan foul pada satu play (double foul), play tersebut harus diulang.

11. Half the distance rule: Penalti tidak dapat menggerakkan bola lebih dari setengah jaraknya ke endzone kecuali dispesifikasi sebelumnya, apabila penalti lebih besar dari setengah jarak bola ke endzone, maka bola diletakkan di setengah jarak antara titik bola sebelumnya dengan endzone.

12. Apabila tim offense melakukan foul dan penalti memundurkan bola hingga ke belakang endzone tim offense, berlaku safety.

13. Apabila tim defense melakukan live ball foul di daerah endzonenya dan penalti memajukan bola hingga ke belakang endzone tim defense, play dimulai di 1 yard line.

1 GRUP 4/3 TIM

JUARA GRUP DAN PERINGKAT 2  YANG LOLOS

 

POIN PERTANDINGAN

Menang           : 3 POIN

Seri                  : 1 POIN

Kalah               : 0 POIN (TIDAK ADA)

 

PERINGKAT KLASEMEN:

·         Poin Pertandingan terbanyak

·         Jumlah Selisih Score terbanyak

·         Head to Head

 

Target hadiah lomba

Juara 1                                    : uang serta plakat

Juara 2                                    : uang serta plakat

Setiap pemain mendapatkan sertifikat

 

Tempat pelaksaan lomba

Babak grup – final      : lapangan hockey UI


Waktu pelaksanaan lomba

Babak Grup                    : Hari ke-1, 2,

Babak 16 besar            : Hari ke-2

Babak 8 besar               : Hari ke-2

Semifinal                          : Hari ke-2

Final                                    : Hari ke-3 (CLOSING)

Hari ke-1                           : 13 maret 2019  

hari ke-2                           : 19 maret 2019

hari ke-3                          : 21 maret 2019

 

Contact person PJ Lomba

Iqbal                            : 0878-4667-3643

about image

Pertandingan FLAG FOOTBALL

Oops... datanya masih kosong, tunggu dulu ya!